Senin, 25 Juli 2016


Banyak sekali orang yang kapok untuk bepergian jauh dikarenakan mabuk perjalanan. Bagi para pemabuk perjalanan anda tau sendiri lah bagaimana rasanya mabuk perjalanan itu, saja juga tau! saya soalnya dulu juga korban. Mabuk dalam perjalanan sangat tidak mengenakkan. Ini pengalaman saya saat mabuk perjalanan, Pada saat hari Raya Idul Fitri saya selalu mengunjungi sanak saudara bersama keluarga. Waktu itu saya naik bis, kira kira perjalanan dari rumah saya kurang lebih 3-4 jam. Setelah menempuh 1 jam perjalanan, saya merasa mual dan akhirnya saya muntah. Saya merasa tersiksa di dalam bis, sampai saya berfikir ingin keluar dari bis dan berbaring di pinggir jalan, tetapi ibu saya tidak mengizinkan hal tersebut karena apabila  keluar dari bis itu, kami akan bayar dua kali untuk bis yang selanjutnya di naiki. Akhirnya saya menahan rasa yang tidak enak itu sampai di rumah saudara saya. Semenjak itu saya tidak ingin bepergian naik kendaraan umum dan semacamnya. Setelah sharing, baca berbagai artikel tentang tips tips, dan mempraktekkannya (karena saya setiap tahun akan bepergian). Akhirnya saya mendapatkan tips tips jitu untuk tidak mabuk perjalanan darat.
  1. Persiapkan diri anda untuk bepergian jauh, pastikan badan anda fit dan tidak kecapekan ketika akan bepergian jauh. Jaga kesehatan anda dan atur jadwal tidur anda dengan baik jangan tidur malam ketika besoknya ingin bepergian jauh
  2. Sebelum berangkat minumlah obat anti mabuk yang telah beredar luas di seluruh toko. Minumlah kurang lebih 30 menit sebelum melakukan perjalanan
  3. Yang satu ini agak extrim, saya tidak tau fakta atau mitos. Jadi beli 2 koyo lalu tempelkan ke pusar anda dan satu lagi buat cadangan kalau hangatnya sudah tidak terasa. Menurut saya ini terbukti ampuh karena dalam perjalanan anda akan terfokoskan rasa hangat itu dalam perut anda dan anda tidak akan merasa mual.
  4. Bawalah perbekalan seperti makanan ringan, minuman bersoda, minuman hangat kalau bisa wedang jahe hangat,obat masuk angin,minyak kayu putih, buah buahan saya menyarankan jeruk dan ketika ingin berangkat jangan makan terlalu kenyang.
  5. Ketika anda membawa kendaraan pribadi usahakan duduk paling depan, kalau anda menggunakan kendaraan umum usahakan pula anda dapat melihat jalan yang anda lalui, karena di setiap belokan anda akan mempersiapkan tubuh anda untuk berbelok terkadang disitu kadang orang mulai merasakana mual karena pergerakan tubuh anda tidak dapat mempersiapkan unntuk berbelok.
  6. Pastikan sirkulasi udara di sekitar anda berputar, maksutnya anda tidak menghirup C02 karena kendaraan itu tertutup, jadi buka sedikit jendela yang ada di samping anda agar udara terus berputar. Kalau bisa naik kendaraan yang ber ac, jangan duduk di samping orang merokok
  7. Jangan terus menerus mengalihkan pandangan anda, seperti menunduk kebawah apalagi bermain hp  itu akan memicu mual anda. 
  8. Jangan berfikir anda nantinya mabuk berfikir saja nanti anda akan bersenang senang bersama keluarga anda. Apabila anda di dalam kendaraan berfikirlah anda adalah seorang pembalap dalam kendaraan itu. Hal ini akan mengalihkan rasa mual anda.
  9. Berbincang bincanglah dengan orang disamping anda, buat segala macam omongan yang lucu dan seru .Di setiap perjalanan anda pasti ada hal hal yang menarik seperti bangunan yang aneh, kendaraan yang keren, bahkan cewek cantik (hahaha buat cowok ) dan masih banyak hal hal yang dapat menjadi perbincangan. Jangan lupa makan camilan anda yang telah anda bawa pasti akan membuat suasana yang nyaman dalam perbincangan anda.
  10. Apabila anda ngantuk tidur saja, tapi jangan tidur di saat anda mulai merasa mual tunggu sampai rasa mual anda hilang dengan cara mengalihkan rasa mual anda seperti merasakan hangatnya koyo yang ada di perut anda, oleskan minyak kayu putih di leher dan perut, berbincang bincang. Jangan dirasakan mual tersebut,dan buatlah diri anda senyaman mungkin dengan cara anda sendiri agar mual tersebut hilang dam mulailah tidur
Begitulah tips-tips yang bisa saya sampaikan yang telah teruji melalui pengalaman saya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel saya yang lain. Terimah kasih atas kunjungannya

0 komentar:

Posting Komentar