Senin, 23 Mei 2016

Jembatan Gladak Perak

Lokasi: Jembatan Gladak Perak, Kec.Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur
          Gladak perak merupakan nama yang unik untuk nama jembatan yang satu ini.
Penamaan Gladak Perak yang menurut cerita, salah satu versinya karena pondasi jembatan diberi tumbal gelang perak milik seorang penari ledek cantik. Sedang versi lainnya, disebut Gladak Perak karena jembatan ini dicat dengan warna perak. Jembatan gladak perak menghubungkan Malang dan Lumajang di jalur lintas selatan yang melintasi sungai sat. Ada dua jembatan di tempat ini, yang digunakan untuk jalur transportasi adalah yang baru di bangun sekitar tahun 2001 dan yang satunya sudah tidak difungsikan lagi yang dibangun sekitar tahun 1925-1930, namun kita dapat melewati dengan jalan kaki. Anda dapat menikmati pemandangan indah yang berupa sungai yang dibawah jembatan dan laut yang dapat kita lihat dari kejauhan yang menambah keindahan dan keasrian jembatan ini. Kadang pula apabila anda beruntung anda akan menemui monyet yang bertingkah lucu bergelantungan di jembatan. Tempat ini cocok untuk pos pemberhentian dan bersantai sejenak melepas kepenatan setelah perjalanan anda sambi berfoto selfi.
         
Jembatan utama


Jembatan Lama


             Rute: Jika ditempuh dari Kota Malang sekitar 94 km, atau 4 km setelah kawasan Piket Nol, sedang dari Kota Lumajang sekitar 30 km.apabila anda mau ke Malang dari arah Lumajang begitu pula sebaliknya anda akan secara otomatis melewati jembatan ini. ada juga angkutan umum yang bisa membawa anda melalui jembatan ini. Ada bis dari terminal Gadang (kota Malang) menuju terminal Minak Koncar (Lumajang)atau sebaliknya yang biasanya melewati jalur ini. Bis dari Lumajang menuju Malang atau sebaliknya biasanya berangkat pukul 2 pagi dan pukul 6 sore, sedangkan dari Malang ke Lumajang juga sama.


.       
         

         Masalah buget anda tidak akan mengeluarkan buget sama sekali alias free, hanya saja anda harus berhati-hati karena jalan yang dilewati menanjak dan berkelok-kelok.


          
           Saran saya kunjungi jembatan ini pada saat cuaca yang cerah dan hati hati melintasi jalan pada saat musim hujan karena sering terjadi longsor.

0 komentar:

Posting Komentar