Senin, 15 Agustus 2016


Akhir-akhir ini banyak sekali para pendaki pemula yang termotifasi naik gunung gara-gara film persahabatan yang telah buming akhir-akhir ini. Yap tepat sekali ! film 5cm, film ini menceritakan persahabatan antara 5 tokoh yang mengisi liburannya dengan mendaki gunung tertinggi di Jawa Timur yaitu gunung Semeru. Memang sangat memotivasi sekali film ini untuk melihat Indonesia dari ketinggian, apa lagi mendaki gunung dengan bersama sahabat pasti akan seru. Nah saya akan membagikan apa saya yang harus di perhatikan oleh para pendaki pemula saat pertama kali mendaki.

               1.Persiapan dan Planing yang tepat
               Bagi para pemula anda harus mempunyai persiapan dan planing. Persiapan yang dimaksut adalah dengan melakukan olah raga kecil setiap hari seminggu sebelum anda mendaki. Hal kecil ini akan berpengaruh sangat besar bagi tubuh anda agar nantinya badan anda tidak kaget.

                2. Ajaklah teman anda yang berpengalaman
                Jangan berangkat tanpa ada teman anda yang berpengalaman. Dengan membawa teman yang berpengalaman anda akan di pandu oleh teman anda. Dia akan tau apa saja kendala dan mengatasi masalah dalam perjalanan anda. 

                3. Bawa barang secukupnya jangan menggebu
                 Jangan membawa barang yang sekiranya tidak penting seperti mainan dan sebagainya. Kalo anda kuat membawanya sendiri tidak apa apa. Bawa barang yang penting saja jangan terlalu berlebihan seperti banyak memakai perhiasan, itu jangan.

                4.Bawa makan yang siap saji
               Ketika anda di posisi kecapekan anda akan merasa malas melakukan apa apa. Saya menyarankan bawa makanan siap saji agar cepat mengembalikan stamina anda. Dan jangan lupa membawa perlengkapan masak yang lengkap seperti panci dan kompor portable intinya bawa perlengkapan masak memasak secukupnya jangan bawa piring kaca.

                 5. Ketahui sumber air 
                  Air sangat penting jadi anda harus mencari info sumber air dari para pendaki di sekitar anda. jangan sampai anda tidak mau tau akan sumber air ini. Ada beberapa tipe gunung yang tidak memliki sumber air jadi anda harus membawa air dari bawah dan ada pula gunung yang memiliki sumber air yang banyak. Jadi anda harus mencari info sebelum anda mendaki.

                  6. Untuk setamina bawa gula jawa setiap orang
                   Perlu anda ketahui gula dapat menambah stamina anda caranya dengan memakan seperti anda memakan permen. Banyak pula para pendaki melakukan hal tersebut untuk menambah stamina anda

                  7. Jangan berfikir anda tidak kuat dan jangan memaksa untuk sampai puncak
                   Hal ini saya alami sendiri, jadi jangan berfikiran anda tidak kuat yakinkan lah dalam hati anda akan mencapai puncak, lihat lah teman anda dan bangkit antar teman anda ke puncak. Bila anda berfikir seperti itu niscaya anda tidak akan sampai puncak. Jangan memaksakan diri yang utama adalah keselamatan diri anda masalah sampai puncak bonus. 
                  
                  8. Bawa obat obatan
                    Bawa seperangkat p3k, minyak telon, madu, balsem, koyo, obat masuk angin. Jangan tanya untuk apa ? yang satu ini jangan di lewatkan nanti anda akan tau sendiri apa kegunaanya.

                 9. Jaga perilaku anda jangan sembrono
                  Jangan bicara jorok dan buang air sembarangan, karena daerah tersebut bukan rumah anda, ya anda tau sendiri kita di ciptakan bukan satu satunya makhluk di dunia. Berperilakulah yang wajar jangan aneh aneh saling tegur menyapa apabila seling berslipan dengan pendaki.

                10. Jangan lupa membawa surat keterangan sehat dari dokter
                  Kadang hal ini sering terlupakan oleh para pendaki. Biasanya di setiap loket pendaftaran anda akan di tanyai surat tersebut. Biasanya sih surat ini berlaku untuk gunung yang ngeri seperti Seven Summit

                11. Usahakan tidur dengan nyenyak
                 Jadi dengan tidur nyenyak akan memungkinkan perajalanan anda keesokan harinya menjati fit. Hindari begadang karena dinginnya gunung sangat mematikan kuatirnya anda tidak dapat melanjutkan perjalanan keesokan harinya. Usahakan membawa sleeping bag setiap orang agar dapat melindungi tubuh anda dari dinginnya gunung dan pakai lah sarung tangan dan dan kaos kaki, ingat sleeping bag jangan sarung bag ya.

                12. Jaga kekompakan berangkat sampai pulang
                   Jaga kekompakan kalian dari awal sampai akhir akan menentukan keselamatan anda nantinya. Jangan beambisi sampai puncak kalau anda tidak dapat melanjutkan toh teman anda akan mengerti arti sebuah kekompakan tim

 Jadi itu saja menurut saya yang ingin menambahi silahkan di komentar aja ya. Pesan saya jangan merusak atau mencoret coret bebatuan, saya beritahu , gak ada kerennya sama sekali, bawa turun sampah anda jangan membuang sampah sembarangan kalo buang mantan gak papa lah (y)

SALAM DARI CSA( CEMORO SEWU ADVENTURE)













                   

0 komentar:

Posting Komentar