Sabtu, 20 Agustus 2016

CSA( Cemoro Sewu Adventure)
Makanan adalah kebutuhan pokok bagi makhluk hidup, Jelas!. Makanan juga merupakan sumber energy bagi para Makhluk hidup. Tetapi apakah kita nanti berselera ketiak makan? Jadi itu masalah utama bagi para Pendaki, apa jadinya kita nanti ketika mendaki kekurangan nutrisi? Ingat kawan kawan asupan nutrisi kalian harus tercukupi untuk menakhlukan medan yang ekstrem, di gunung tidak ada warung lho! Ahahaha jadi jangan pilih pilih makanan. Jadi misi saya disini untuk memberi tahu kalian apa saja menu makanan jago penambah mood dan nutrisi ketika mendaki gunung. Langsung saja cekidot dot.
1.      
      Nasi
Nasi adalah salah satu sumber kabrohitrat yang sangat tinggi. Nasi sangat cocok untuk menemani santapan kalian saat mendaki. Memang sih kalau saya tidak makan nasi itu rasa rasanya saya belom makan “kebiasaan orang Jawa”. Tapi kalau kalian tidak mau repot-repot menanak nasi bawa dari rumah saja nasi kalian akan bertahan 1-2 hari asalkan kalian tau cara packing nasi yang benar dan jangan lupa bawa abon sebagai penambah selera. Contohnya dengan membericela udara dalam nasi kalian jangan ditutup rapat tanpa ada cela udara, sekalia kali keluarkan bungkusan nasi kalian ketika break agar tidak cepat basi.

2.      Ubi ubian
Ubi ubian ini seperti singkong, talas, ubi jalar, ubi ungu,dkk. Ubi ubian ini juga memiliki kabrohidrat dan serat yang tinggi pula jadi jangan khawatir kelapaan. Ubu ubian juga tidak repot mengolahnya kawan contohnya seperti ketika kita sedang menghangatkan tubuh dengan api unggun, kita dapat menyelipkan di pinggir api unggun. Ubi ubian sangat cocok dibawa di tipe gunung yang sulit air, tidak seperti nasi yang membutuhkan air untuk menanak nasi. Cukup dibakar beres

3.      Yang instan instan
Kalini muncul lagi yang instan insatan selain mie kawan yaitu bubur bagi kalian yang udah bosen dengan mie boleh nyoba yang satu ini, oh iya ada lagi yang amazing kawan yaitu bak mie kebayang gak rasanya makan bakmie di gunung ,di tambah lagi dagingnya beneran lagi ! topcer dah. Tapi saya masih membawa mie kawan soalnya banyak rasanya dan harga lebih bersahabat wkwkwkw. Semuanya yang berbau instan pasti cocok untuk mendaki, jadi eksplor sendiri lah apa saja yang instan instan

4.      Telur, Sosis dan sarden
Yang satu ini adalah penambah protein kawan. Untuk pembawaan telur saya mempunyai trik yaitu dengan menyelipkan di tengah pakaian atau tengan beras, kalo takut pecah jangan ditaruh di tengan pakaian ya ! hahaha. Untuk sosis juga sangat praktis cari yang tinggal hleb ya. Untuk sarden jangan lupa bawa turun kalengnya ya, awas ketika membawa kaleng saat turun karena dapat merobek tas kalian. Kalo menurut saya sih jangan terlalu banyak membawa sarden atau yang berbau kaleng kawan Itu sangat menyusahkan. Jadilah pendaki yang bijak jangan membuang sampah sembarangan.

5.      Tempe
Yoi kawan tempe. Tempe sangat cocok untuk lauk pauk dimanapun dan kapanpun. Tempe mempunyai banyak protein karena dibuat dari kedelai. Tempe di olah bagaimanapun akan terasa nikmat. Saya paling suka di bacem kawan selain rasa yang enak tempe bacem sangat tahan lama tidak mudah basi. Tempe bacem buataan mbk Iim topcer abis wkwkwkwk

6.      Jelly
Jelly penunda lapar , ya ! kalian bisa bawa yang udah jadi apa yang belom, toh cara bikinnya juga mudah kok, sekedar saran jika kalian mau beli jelly  sachetan  yang belom jadi beli yang sekalian plus gula selain praktis rasanya pun juga pas. Jika kalian beli yang tanpa gula, dan kurang professional saat mengolah rasanya itu ancur bisa bias enek saat dimakan bahkan muntah.

7.      Roti dan Selai
Roti adalah makanan yang paling mudah dan cocok untuk dibawa pada saat mendaki gunung. Memang memakan roti tidak akan mengenyangkan seperti memakan nasi. Namun roti akan menghasilkan energi yang cukup banyak bagi kalian. Jika memungkinkan bawalah roti dengan rasa yang tawar atau roti gandum. Selai juga bahan pelengkap yang cocok bagi roti, jenis selai yang akan memberi banyak energi adalah selai coklat dan selai kacang. Selai kacang memiliki banyak protein yang akan menjaga jaringan otot agar dapat bekerja dengan baik. Namun yang menjadi kelemahan dari selai kacang adalah memiliki kandungan garam yang menyebabkan kita mudah haus.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat salam CSA (Cemoro Sewu Adventure)


0 komentar:

Posting Komentar