Selasa, 16 Agustus 2016


Gunung memang bukan milik siapa-siapa bahakan kita dapat berbuat semaunya disitu, Tetapi jangan semborono karena gunung juga memiliki penghuni, maksutnya disini seperti halnya desa memiliki penghuni didalamnya. Gunung juga sama seperti desa, memang kita tidak tahu bahkan gunung seperti tidak ada penghuninya, ya kalian tahu sendiri lah kita di ciptakan bukan satu-satunya makhluk di bumi jadi apabila anda pergi untuk hiking sama pula anda pergi ke desa orang, dengan kata lain kalian harus tau bagaimana tingkah laku mengunjungi desa orang, ya sama saja anda mengunjungi gunung. Saya juga tidak habis pikir bagaimana para pendaki yang tersesat di gunung, padahal menurut pengalaman saya jalan hanya ada satu jalan untuk mendaki, lalu kenapa ada pendaki yang tersesat? saya tidak tahu pasti apa mereka di ganggu oleh penunggu gunung atau memang mereka ingin mencari jalan trobosan, saya tidak tahu. Jadi disini saya akan memberitahu apa saja yang tidak boleh di lakukan digunung biasanya hal ini diabaikan oleh para pendaki. Demi keselamatan Kalian saat naik dan turun gunung, Oke cekidot.

              1. Jangan Mengeluh ketika kalian Kecapekan
                  Apabila kalian sudah mulia kecapekan jangan mengeluh lebih baik break, jangan memaksakan diri kalian. Mengeluh misalnya dengan kata kata "Aku tidak kuat " sekali kali jangan pernah, niscaya anda tidak dapat mencapai puncak. Toh tim anda akan mengerti dengan kondsi kalian. Bermain set lah anda bahwa anda akan menakhlukkan gunung tersebut dan berada di puncak bersama tim kalian.

              2. Jangan memaksa tim kalian
                  Pelan-pelan tapi pasti, hargai teman anda yang kecapekan, jangan terpaku sampai puncak yang terpenting adalah keselamatan bersama. Beri semangat pada mereka dengan guyonan kecil jangan sampai menyinggung. Dengan begitu teman kalian akan kuat sampai puncak.

              3. Jangan Berfikiran dan bicara kotor
                  Setiap gunung pasti mempunyai cerita mistis masing - masing. Jadi jangan heran cerita yang beredar di masyarakat sekitar, karena setiap gunung pasti memiliki penghuni. Jadi jaga tata krama anda saat mendaki gunung, anggaplah kita sedang bertamu di rumah orang jadi kalian tau sendiri lah tata cara bertamu dengan benar

               4. Minta izin ketika hendak buang air besar maupun kecil
                Memang disini anda tidak ada aturan untuk itu, sekali lagi saya tegaskan bahwa kalian sekarang tidak lagi dirumah sendiri. Sebelum melakukan apapun awali dengan kata "permisi" jadi dapat di bilang penunggu gunung akan memaklumi anda jangan seonoh seolah olah anda yang berkuasa di sana

               5. Jangan melakukan aksi vandal
                Banyak sekali saya lihat di setiap pos seperti tulisan atau coretan di batu dan pohon. Yang seperti itu tolong jangan dilakukan, kalian berbuat begitu itu untuk apa? sudah lah, ambil foto anda kan sudah cukup mengabadiakan momontum kalian. Yang seperti itu justru malah merusak lingkungan gunung. Jadi jangan dilakukan ya.

                6. Jangan mengambil apapun kecuali gambar
                Salah tanaman yang sangat keren adalah bunga abadi yaitu bunga edelweis. Bunga ini adalah bunga endemik yang hanya dapat tumbuh di gunung, apabila anda memetik bunga tersebut itu adalah sebuah tindakan ilegal, dan apa bila anda ketahuan petugas anda akan disuruh mengembalikan ke tempat asalnya, mau? jadi jangan coba coba memetik tanaman ataupun mengambil apapun di gunung kecuali gambar. Jadilah pendaki yang mencintai alam jangan sampai merusak.

                7. Jangan membuang sampah sembarangan
                Demi kenyamanan bersama jangan buang sampah sembarangan. Cukup di Bantar Gebang saja yang menjadi gunung sampah jangan di gunung yang penuh dengan sampah. Bawalah sampah kalian turun, apabila tidak ingin membawa sampah turun, jangan membawa sampah plastik dan kaleng. Plastik dan kaleng tidak bisa berbaur. Mari kita jaga sama sama kebersihan gunung

                8. Jangan bercanda berlebihan dan bertingkah bodoh
                 Perhatikan di sekitar kalian, apa itu? jurang, iya jurang. Jadi jangan bercanda berlebihan seperti kejar-kejaran,dorong-dorongan. Pikirkan anda terpelosok ke jurang! ya mati lah. Tujuan anda ke sana bukan karena itu kan. Hal bodoh yang saya maksut disini adalah mencoret coret, mencopot, dan mengganti himbauan yang ditulis oleh petugas. Hal tersebut sangat fatal, bisa jadi pendaki lainnya akan tersesat, bagaima jika hal tersebut terjadi pada anda ? tentunya tidak mau kan.

                  9. Jangan meninggalkan teman terlalu jauh
                  Sesekali tiap menit lihat teman anda, jangan sampai meninggalkan teman. Takutnya nanti teman kalian ada apa apa kan urusannya ruwet. Apabila teman anda sudah mulai kelelahan break dulu aja jangan memaksa kalau bisa backing dia oleh salah satu teman kalian yang masih bugar. Gak pa pa pelan - pelan yang penting sampai puncak bareng.

                 10. Jangan membuat api unggun
                  Banyak hal yang dapat menghangatkan tubuh kita selain api unggun seperti,menggunakan kompor outdoor dan parafin, minuman hangat, minyak telon dsb, takutnya nanti ada hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran hutan. Boleh saja memuat api unggun, usahakan di tempat yang lapang dan jauh dari pohon namun ketika ingin meninggalkan api unggun pastikan benar benar mati total. Ada disebagian pos gunung yang mempunyai tunggku kayu bakar jadi kalian tidak repot repot menghangatkan tubuh
             
                 11. Jangan bercerita terlebih dahulu apabila ada keganjalan atau hal aneh
                  Di setiap gunung mempunyai cerita mistis masing masing. Jadi jangan kaget jika kalian menemukan keganjalan atau hal aneh. Di setiap perjalanan kalian pasti ada salah satu dari tim kalian yang merasakan hal tersebut itu merupakan saapan selamat datang dari penghuni gunung. Jadi tahan saja jangan di ceritakan terlebih dahulu sebelum sampai rumah kalian.

                 12. Jangan mengusir burung yang ada dijalan
                      Burung adalah salah satu petunjuk arah bagi para pendaki dulu. Burung di percaya oleh pendaki sebagai penunjuk jalan, ketika ada persimpangan bisa jadi burung akan bersiul di persimpangan yang mengarahkan jalan kalian

Selamat Berpertualang para pencari sunset. Salam dari saya CSA (Cemoro Sewu Adventure)
             
               
               
             

0 komentar:

Posting Komentar