Jumat, 26 Agustus 2016

Lokasi: Kaki gunung semeru di pegunungan Tengger, Lumajang, Jawa Timur
Bagi kalian para pecinta camping, mendaki, atau lagi bingung mau cari temppat untuk liburan kalian wajib mengunjungi tempat yang satu ini yaitu Ranu Kumbolo. Ranu merupakan sebutan untuk danau oleh warga di Lumajang, jadi jangan bingung ranu itu apa. Ranu Kumbolo merupakan serpihan surga dari salah satu top seven summit jatim yaitu Gunung Semeru. Ranu kumbolo juga menjadi pos untuk para pendaki gunung semeru  jadi jangan heran banyak sekali saat ini banyak tenda yang menacap di pinggiran danau.. Ranu kombolo memiliki debit air yang tidak pernah berkurang meskipun di musim kemarau airnya pun tawar, jadi jangan khawatir kekurangan air bagi para pendaki gunung semeru.

Memiliki luas area 15 hektar dan berada di ketinggian kurang lebih 2.400Mdpl danau ini memiliki keunikan tersendiri. Di samping danau terdapat sebuah bukit yang bernama “bukit cinta” katanya jika kalian dapat mendaki dan membayangkan orang yang kalian cintai, niscaya kalian akan bahagia bersamanya, kalo ingin membuktikan silahkan dicoba. Tidak seperti danau pada umumnya, suhu di danau ini sangat dingin, ya kalian tahu sendiri danau ini berada di ketinggian berapa ! jadi kalian harus menjaga tubuh anda agar tetaphangat. Sangat penuh perjuangan untuk dapat menuju ke sini namun kalian tidak akan kecewa. Proses tidak akan menghianati hasil kawan, bener nggak?

Ranu kumbolo tidak seperti yang dulu lagi kawan, setelah munculnya film yang sempat boom pada tahun 2012 ini menimbulkan dampak yang besar. Banyak sekali tangan yang tidak bertanggung jawab yang seenaknya merusak seperti, mencoret – coret batu dan membuang sampah sembarangan. Demi kenyamanan bersama jangan seperti itu, bawa turun lagi sampah kalian jangan di tingal dan jangan memcore-coret ambil foto kan juga bisa. Hargai dan patuhi pelangkat yang dibuat oleh petugas demi keselamatan kalian dan pengunjung selanjutnya

Di Lumajang terdapat banyak sekali Ranu Atau danau yaitu, Ranu Bedali,Ranu Pakis, dan Ranu Klakah. Karena letaknya berdekatan ketiga ranu tersebut disebut ranu ranu segitiga. Jadi setelah mengujungi salah satu dari ranu ini sangat rugi jika tidak mengunjungi ranu selanjutnya, jadi dapat di kunjungi sekaligus.

Rute
Kalian dapat mengambil rute dari kota Lumajang menuju desa Ranu Pani, ingat ranu pani bukan danau tetapi desa !. Bagi kalian yang membawa kendaraan sendiri bisa langsung saja menuju ke desa Ranu Pani melewati desa Senduro, apabil kalian tersesat tanya saja penduduk sekitar. Bagi kalian yang naik kendaraan umum turun saja di perempatan klojen karena nanti akses ke desa Senduro lebih mudah. Setelah dari klojen kalian bisa naik ojek atau angkot menuju pasar Senduro, ketika di pasar Senduro Kalian bisa langsung menyewa jeep dan haedtoop untuk melanjutkan ke desa Ranu Pani. Saran saya periksa terlebih dahulu kendaraan kalian pastikan kendaraan kalian dapat menempuh tanjakan dan turunan yang lumayan serem.


Setelah sampai di Ranu Pani yaitu pos pendaftaran kalian akan mulai mendaki tujuan pertama kalian adalah Landengan Dowo. Landengan Dowo berjarak 3 km dari pos pendaftran yang dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Kemudian tujuan selanjutnya Watu Rejeng berjarak 3 km juga dari Landengan Dowo yang dapat ditempuh 1,5 jam perjalanan juga. Setel itu finish Ranu Kumbolo 4,5 km dari Watu Rejeng 2 jam perjalanan. Tetap jaga staminakalian kawan dan jangan lupa bawa amunisi masing- masing.

Yang Perlu Dibawa
·         Foto kopi ktp
·         Surat keterangan sehat
·         Logistic 
·         Peralatan mendaki



Tarif
Ditambah dengan parkir kendaraan bermotor 5rb/hari. Meskipun harga tiket agak mahal jangan mengotori tempet ini, Mari kita jaga sama - sama kebersihan tempat ini


Sekian, semoga bermanfaat info saya ini. silahkan kritik dan saran di kolom komentar. soalnya masih newbi butuh masukan




0 komentar:

Posting Komentar