Sabtu, 20 Agustus 2016

Photo By: @YanuarArsana

Mendaki Gunung adalah salah satu hobi yang ekstrem dan banyak sekali peminatnya akhir akhir ini. Mencapai puncak adalah suatu prestasi dan kepuasan tersendiri yang dirasakan oleh seorang pendaki. Tidak bisa dibayangkan rasanya ketika berada di puncak, Mata yang tidaak biasa memandang apa yang bisa di pandang orang, dan kaki yang terus berjalan tidak seperti biasanya. Untuk mencapai puncak kita harus mempunyai stamina yang exstra saat mengeksekusi medan yang kemiringannya hampir 180 derajat dan tidak semulus jalan beraspal yang sering kita lewati. Disini saya akan berbagi tips untuk menjaga stamina kalian agar tetap prima saat melakukan pendakian, sekumpulan tips ini telah saya uji ke ampuhannya, silahkan dicoba saya jamin kalian akan mudah mengeksekusi segala medan yang ada.

1.      Persiapkan Niat
Dengan niat dan tekat yang membara sesulit apapun medan yang akan kalian lewati dengan mudah. Perlu kalian ketahui Innamal A’malu Binniyyat, kalian tau artinya? Ya, tepat sekali “ Sesungguhnya segala amalan itu tergantung pada niatnya. Terbukti dari hadis ini apapun yang akan anda lakukan awali dengan niat, niscaya apapun amalan yang kalian lakukan akan barokah, Amin. Wkwkwkwk

2.      Susun Mental Baja
Stamina itu kawan-kawan tidak selalu dinilai dari fisik saja melainkan juga dari pikiran kalian,percaya gak percaya harus percaya. Bawasanya stamina kita akan down ketika kita tidak percaya diri, hal ini pernah saya alami sendiri ketika saya mendaki ke salah satu seven summit di Jatim, waktu itu saya kurang percaya diri kemudian saya berfikir tidak akan sampai puncak, lalu salah satu teman saya berkata “ayo tinggal 1 menit lagi sampai puncak” entah kenapa kemudian saya mulai percaya diri lalu perlahan-lahan bangkit dan membantai habis segala medan yang ada. Mental sangat penting kawan kawan untuk membangun stamina kalian. Jangan sampai kalian down saat mendaki kalian harus percaya diri, bahwa ketika nanti kalian sudah mencapai puncak Kalian adalah seorang pemenang dan teriakkan “ AKU SEORANG PEMENANG”.

3.      Latihan Fisik Sebelum  Mendaki
Latihan fisik sangat penting untuk menambah stamina dan ketahanan tubuh kalian. Latihan ini dapat dilakukan dimana saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama, misalnya seperti jogging, naik turun tangga dll. Usahakan kalian melakukannya rutin dan bertahap, jika awalnya kalian menghabiskan waktu 30 menit maka selanjutnya tambah dikit demi sedikit. Nantinya anda akan merasakan hasilnya jika anda rutin melakukan latihan tersebut

4.      Cukupi Nutrisi Perbekalan
Makanan adalah salah satu sumber energy dan stamina, kalian harus dapat memilih apa saja yang akan jadi menu kalian saat melakukan pendakian. Saran saya pilih makanan yang tinggi kabrohidrat ketika akan mendaki contohnya singkong, ubi dkk. Makanlah makanan batangan ketika break seperti Coklat,biscuit dan juga makanan yang kaya akan serat.

5.      Pilih Tas Gunung yang Kalem
Maksud kalem disini itu gak menyiksa badan kita, kana ada tuh tas gunung yang bikin pegel linu bahkan nyeri di pundak, kalo masalah berat tas bisa jadi saja pegel dan linu, tapi ada tas yang bikin linu dan pegel sorry gak sebut merk ya. Jadi kalian harus cermat memlilih tas gunung kaian ,jangan terpaku pada harga yang murah kawan, pilih yang nyaman dipakai. Ingat kawan, perjalanan kalian itu tidak ada angkot ataupun ojek jadi jangan sembrono pilih tas yang murahan. Memilih tas yang berkualitas akan membantu anda menghemat stamina kalian.

6.      Selaraskan Antara Nafas dan Melangkah
Metode ini saya dapatkan dari para TNI AD ( Komandan Hendri), metode ini sangat ampuh untuk menjaga stamina dan nafas kalian. Jangan dibocorkan kawan ini sangat rahasia, jadi begini langkahnya, ketika kalian menarik nafas (dengan hidung) ambil langkah dengan kaki kanan dan ketika anda mengeluarkan nafas (keluarkan melalui mulut) lakukan dengan kaki kiri. Begitu seterusnya. Metode ini telah saya coba dan hasilnya sangat efektif untuk menjaga stamina tetap stabil.

7.      Stay Nyamil
Persiapkan perbekalan saku kalian masing-masing sebelum mendaki. Perbekalan saku ini seperti vitamin C, Madu, permen dan yang terakhir ini sangat sadis kawan yaitu Gula Merah alias Gula Jawa. Kenapa saya bilang Gula Merah adalah yang paling sadis, Menurut sesepuh pendaki gula merah sangat efektif membangun stamina kalian, karena dengan mengkonsumsi gula merah ini akan dengan cepat di olah oleh tubuh kemudian diubah menjadi tenaga. Sebenarnya madu juga mempunyai fungsi yang sama namun gula merah lebih murah kawan. Jadi stay nyamil kawan.

8.      Jaga Asupan Air dalam Tubuh
Manusia harus memenuhi asupan cairan yang ada dalam tubuh kita karena 60-70 % adalah cairan. Mendaki gunung tergolong olahraga yang berat kawan, jadi kita akan memerlukan banyak cairan yang dibutuhkan tubuh kita saat mendaki. Kalian harus mempunyai racikan ramuan ampuh sendiri. Jangan sampai kalian kekurangan cairan apabila kalian kekurangan cairan otomatis tubuh kalian akan terasa pusing dan pening, ibarat kalian memasak air lama kelamaan air akan menguap dan habis, apabila kalian tidak menambah air tersebut, apa yang akan terjadi? Jadi kurang lebih begitulah reaksi tubuh kalian.

9.      Tetap Tenang dan Jangan Terburu-buru
Kebanyakan para pendaki ingin cepat cepat sampai puncak apalagi para pencari sun rise. Jangan terburu-buru justru hal tersebut akan menguras banyak stamina kalian, pelan namun pasti saja lah. Terburu-buru itu karena kalian ingin mengejar waktu kan ? jadi sebelum itu kalian harus mempunyai planning waktu dan memperhatikan kemampuan tim kalian. Langakah yang tidak stabil itu malah membuat anda cepat kehabisan  stamina jadi stabilkan langkah kalian.

10.  Berlombalah dengan teman kalian
Dengan berlomba dengan teman kalian menurut saya kalian akan mendapatkan dorongan stamina lebih, maksud berlomba disini adalah dengan saling beradu kekuatan, bagi kalian suka berkompetisi metode ini lumayan ampuh menambah stamina kalian kawan.

11.  Ajak Si Doi
Salah satu sumber energy juga datang dari seseorang yang special, ciee. Menurut saya ini memang benar karena saya mengalaminya sendiri. Ya masa kita nantinya terlihat sosok yang lemah di matanya, tentunya tidak kan? Dengan begitu kalian akan selalu semangat .

Begitulah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat kawan-kawan


0 komentar:

Posting Komentar